Thermo Gun, pengukur suhu

Thermo Gun, pengukur suhu

Sejak wabah pandemi Covid-19, salah satu indikator yang diperiksa sebelum memasuki gedung adalah suhu atau temperatur tubuh. Penggunaan thermo gun untuk kepraktisan pengukuran suhu tubuh bak jamur tumbuh di musim hujan.

Suatu hari aku pergi ke salah satu gedung tinggi di daerah Kebon Sirih-Thamrin Jakarta Pusat. Saat memasuki gedung, harus melewati bilik desinfektan dengan memencet tombol secara swalayan, baik ON maupun OFF-nya. Selesai dari bilik, lanjut dihadang Satpam untuk diperiksa suhu dengan mengarahkan thermo gun-nya ke keningku.

“Maaf Pak, suhunya 37,4 derajat Celcius, Bapak belum boleh masuk. Silakan beristirahat sebentar di sebelah sana,” sambil menunjuk beberapa bangku di sisi kiri pintu masuk gedung. Setelah beberapa saat, aku dipanggil untuk diperiksa ulang.

“Maaf Pak, masih 36,9 derajat, syarat maksimum 36,5, Pak. Coba Bapak sekarang berdirinya langsung di depan pintu masuk menghadap ke dalam, lebih kena dengan AC yang dari dalam gedung. Sesudah beberapa saat berdiri di situ, Satpam kembali memeriksa.

“Maaf lagi Pak, masih 36,7 derajat.”

“Waduh, jadi gimana, apa saya batal nih masuk gedung?”

“Coba Bapak ke ruang ATM di ujung sana, ruangannya lebih dingin.”

“Iya pula,” pikirku sambil melangkah masuk ke ruang ATM. Rupanya sudah ada beberapa orang yang “ngadem” di situ, sepertinya mereka karyawati kantor di gedung tersebut yang baru ke luar untuk makan siang. Siang itu memang cuaca panas terik di luar.

Sesudah beberapa lama di dalam ruang ATM, aku pun kembali melapor ke Satpam. Dan benar saja, suhuku turun menjadi 36,1 derajat Celcius dan aku diperbolehkan masuk gedung.

Seminggu kemudian aku balik lagi ke gedung tersebut, melanjutkan urusanku seminggu sebelumnya. Tanpa diajari lagi oleh Satpam, aku langsung berjalan menuju ruang ATM. Sekitar 3 menit di situ, baru aku melewati bilik desinfektan dan melapor ke Satpam untuk memasrahkan jidatku “ditembak” pakai thermo gun. Benar saja, hanya dengan sekali periksa, suhuku 36,4 derajat Celcius dan lolos masuk gedung.

Pesan moral: Alat thermo gun adalah alat pengukur suhu kening atau jidat, bukan suhu tubuh. Waktu pengalaman ini aku ceritakan ke salah seorang rekan, dia dengan ketawa membagi triknya ke aku. Dia bilang, begitu mendekati gedung yang akan kita masuki, pasang AC mobil yang paling dingin dengan kecepatan fan yang paling tinggi, lalu julurkan muka kita ke arah lubang-lubang AC mobil. Tentu sambil tetap mengendalikan kemudi kalau kita menyetir sendiri. Pengalamannya menunjukkan bahwa dia umumnya lolos dalam sekali periksa suhu dengan thermo gun. Selamat mencoba! (wp)

*Disclaimer: Foto hanya sekedar ilustrasi, tidak mendiskreditkan merek apa pun.

 

Comments are closed.