Baksos donor darah ke-50

Baksos donor darah ke-50

Salut kepada penyelenggara bakti sosial donor darah, RAPI Lokal 1 Bekasi dan Radio 8 EH Bekasi Timur. Kegiatan donor darah hari Minggu, 14 Juni 2020 pagi di Perumahan Taman Juanda, itu merupakan kali ke-50 dan bertepatan juga dengan Hari Donor Darah Sedunia. Wakil Walikota Bekasi Bpk. Tri Adhianto Tjahyono menyempatkan hadir dan memberi sambutan.

Sudah sepantasnya pihak penyelenggara yang diwakili Bpk. Daddy Waluyo menerima penghargaan yang diserahkan oleh Ibu Liza mewakili PMI Kota Bekasi. Penyerahan ini setelah Ibu Liza memberikan kata sambutan yang antara lain berterima kasih kepada pihak penyelenggara, yang sudah secara konsisten mengadakan bakti sosial donor darah ini. Selama masa wabah pandemi Covid-19 ini memang persediaan darah PMI merosot drastis. ada yang mengatakan persediaan merosot 70%, karena himbauan untuk melakukan social distancing dan jumlah pendonor berkurang hingga 90%.

Ibu Liza dari PMI Kota Bekasi menyerahkan piagam penghargaan yang diterima Bpk. Daddy Waluyo.

Keistimewaan lain di hari Minggu itu adalah pertama kali kegiatan donor darah setelah masa PSBB diberlakukan di seluruh Indonesia. Mengikuti protokol kesehatan, masker dan sanitizer pun disediakan penyelenggara, bed hanya 6 dari biasanya 8, dan calon pendonor yang menunggu diberi kursi berjarak.

Bagiku juga istimewa, karena aku donor yang ke-25, salah satu milestone bagi pendonor. Biasanya PMI memberikan tanda semacam piagam atau sertifikat sebagai catatan pencapaian sudah mendonorkan darah sebanyak 25 kalinya. Setelah itu nanti ke-50, 75 dan ke-100 kali. Suhuku (karena pandemi Covid-19) diperiksa, 36,7 derajat Celcius, tensi normal 120/80, dan Hb 13,7.

Selesai donor darah ke-25, dengan goodie bag PMI dan souvenir dari penyelenggara.
Wakil Walikota Bekasi Bpk. Tri Adhianto Tjahyono memberi sambutan.
Suasana pemeriksaan kondisi kesehatan calon pendonor.

Menurut penyelenggara, sebanyak 112 kantong darah berhasil dikumpulkan. Alhamdulillah, semoga bermanfaat bagi warga masyarakat yang membutuhkannya. Sedikit demi sedikit jumlah darah yang terkumpul di PMI mulai naik kembali. Ikatan Alumni ITB (IA-ITB) juga sudah beberapa kali selama masa PSBB ini melakukan kegiatan donor darah. Selalu mengambil tempat yang luas di Auditorium BJ. Habibie, Gedung BPPT II, Jl. Thamrin Jakarta Pusat. Panitianya pun mematuhi sepenuhnya protokol kesehatan dalam pelaksanaannya.

Dalam waktu dekat, Sabtu, 10 Oktober 2020 pukul 08.00-12.00 WIB akan diadakan lagi kegiatan donor darah oleh IA-ITB bekerja sama dengan alumni ITB angkatan 90, sebagai salah satu kegiatan 30 tahun kebersamaan mereka. Kali ini mengambil tempat di Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Kementerian ESDM, Jl. Prof. Dr. Soepomo No. 10, Tebet, Jakarta Selatan. (wp; foto: panitia)

 

 

 

 

 

Comments are closed.